Aneka Lini Masa

Istilah lini masa atau timeline tentu sudah tidak asing lagi bagi pengguna twitter. Lini masa adalah daftar kicauan / tweet yang diurutkan berdasarkan waktu, dimulai dari tweet yang terbaru dan diikuti terus oleh tweet-tweet sebelumnya.


Secara default, ketika kita login ke twitter, kita akan melihat lini masa yang berisi tweet dari semua akun twitter yang kita ikuti (kita following akun tersebut). Kita bisa juga melihat lini masa yang berisi daftar tweet dari seorang pemilik akun twitter, entah kita menjadi follower akun tersebut atau tidak. Caranya adalah dengan membuka url http://twitter.com/, tinggal ganti saja dengan akun twitter yang sebenarnya. Misalnya, untuk meliat lini masa akun twitter @msumarna, kita bisa buka url http://twitter.com/msumarna

Yang menarik, ketika kita melihat lini masa beberapa pemilik akun twitter, kita akan menjumpai aneka macam lini masa. Berikut adalah beberapa contohnya.

Lini Masalah: Kalau seorang pemilik akun twitter sering membuat tweet / kicauan yang isinya mengeluh, ngedumel, membicarakan keburukan orang, dan semua hal yang bernada sedang memiliki masalah, maka lini masa yang dapat kita lihat dari akun twitter orang tersebut layak disebut lini masalah.

Lini Masakan: Seorang pemilik akun twitter yang hobi memasak, atau hobi mencoba-mencoba berbagai masakan / wisata kuliner, kemudian dia selalu berkicau tentang masakan, maka lini masa dari orang tersebut akan membentuk lini masakan.

Lini Masarin: Selain untuk menjalin komunikasi sesama teman pengguna akun twitter, setiap orang bisa juga membuat tweet / kicauan yang berisi iklan atau informasi bisnis. Kalau seorang pemilik akun twitter kicauannya didominasi oleh iklan atau promo usaha, maka lini masa orang tersebut akan menjadi lini masarin (memasarkan usaha melalui twitter).

Lini Masa Lalu: Kalau lini masa seorang pemilik akun twitter dipenuhi tweet-tweet masa lalunya, maka lini masanya boleh disebut lini masa lalu.

Lini Masa Sih?: Kalau seorang pemilik akun twitter selalu membuat kicauan tentang sesuatu yang membuat follower-nya penasaran, dan me-reply dengan pertanyaan masa sih?, beneran cin?, ah masa?, dan sejenisnya, maka layaklah lini masanya disebut lini masa sih?

Lini Masa Kebaikan: Twitter merupakan alat yang cukup ampuh untuk menebarkan kebaikan kepada pengguna twitter lainnya. Nah, kalau seorang pemilik akun twitter rajin membuat tweet / kicauan tentang berbagai macam kebaikan, lini masanya menjadi lini masa kebaikan. Yang kayak gini ni, layak lah kita follow.

Itulah beberapa aneka lini masa yang bisa kita temukan di ranah twitter. Masih banyak aneka lini masa lainnya, silakan ditelusuri ya. Yang lebih penting, lini masa apakah yang Anda buat dan follower Anda lihat?