Agar Tetap Semangat

Pernahkah Anda merasa sangat bersemangat ketika akan menjalankan suatu project atau aktifitas tertentu tetapi kemudian Anda merasa lelah, lesu dan tak bersemangat lagi untuk melakukannya? Jangan bersedih, jika Anda pernah merasakan hal demikian, Anda tidak sendirian. Paling tidak, saya menjadi teman Anda.

Blog ini, misalnya. Saya memiliki project membuat blog seperti ini sudah lama sekali. Mungkin dari sejak tahun 2003. Alamat blog pun sudah berganti-ganti, dan posting-posting yang lama entah ke mana :) Kadang-kadang saya sering membuat posting, tetapi lebih sering saya menulis posting kadang-kadang. Hehe :)

Di bulan Maret 2012 ini saya mendapatkan 2 buah kiat dari sumber yang berbeda, bagaimana agar tetap semangat dalam menjalankan suatu project atau menjalankan aktifitas lainnya.

1. Berorientasi Bukan Hanya Untuk Diri Sendiri
Jika selama ini Anda melakukan aktifitas hanya untuk memenuhi kebutuhan Anda, hanya untuk mencari kepuasan diri sendiri, besar kemungkinan di tengah perjalanan Anda akan merasa lelah, terutama jika aktifitas yang dilakukan tidaklah mudah. Aktifitas seperti menulis blog misalnya, terlihat sangat mudah dan sederhana, tetapi dalam kenyataannya tidaklah mudah, karena membutuhkan konsistensi, dan tidak ada reward untuk diri sendiri.

Jika hanya berorientasi untuk diri sendiri, misalnya, menjadi blogger terkenal, atau mendapatkan penghasilan, mendapatkan pengunjung ribuan perhari, dan segala sesuatu yang berorientasi diri sendiri, besar kemungkinan Anda akan lelah dalam melaksanakannya. Tetapi jika Anda berorientasi untuk orang lain, misalnya, melalui blog seperti ini Anda bisa memberikan informasi yang berguna, atau inspirasi yang menggerakkan, atau bisa menghibur orang lain yang membaca, maka Anda akan lebih semangat dibuatnya.

2. Niat yang Ikhlas
Jika Anda melakukan suatu aktifitas dengan harapan mendapatkan pujian, misalnya, atau berharap mendapatkan reward yang lainnya, maka ketika pujian atau reward tersebut tak kunjung datang, besar kemungkinan Anda akan kecewa dan akhirnya tidak semangat lagi melakukannya. Tetapi jika Anda melakukan sesuatu dengan niat yang ikhlash, niat semata untuk berbuat kebaikan dan menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya, maka Anda akan tetap semangat melakukannya.

Itulah 2 buah kiat agar tetap semangat dalam menjalankan suatu project atau melakukan suatu aktifitas. Mudah-mudahan sejak saat ini Anda, dan saya tentunya, memiliki niat yang ikhlas dalam melakukan suatu aktifitas, dan berorientasi bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kita.

Tetap semangat!