Trainer, Motivator, Inspirator

Kita sering mendengar kata trainer, motivator, dan inspirator. Apakah kata-kata tersebut merujuk kepada makna yang sama atau berbeda satu dengan yang lainnya?

Ketika mendengar kata motivator, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Kalau saya, yang terlintas dalam pikiran adalah seorang pembicara yang membawakan materi motivasi.

Kalau kita perhatikan lagi, makna motivator adalah sesuatu atau seseorang yang memotivasi. Seorang motivator adalah seorang yang memotivasi dirinya sendiri atau orang lain. Seorang guru bisa menjadi motivator bagi muridnya. Seorang ayah bisa menjadi motivator bagi anaknya. Seorang istri bisa menjadi motivator bagi suaminya. Seorang teman bisa menjadi motivator bagi teman-temannya. Siapa pun bisa dan seharusnya menjadi seorang motivator, apa pun latar belakang dan profesinya.

Trainer adalah orang yang memberikan training atau pelatihan kepada peserta training / trainee. Seorang trainer yang baik mampu membuat peserta training menjadi memiliki skill / keahlian sesuai dengan materi trainig yang disampaikan.

Materi training bisa berupa hard skill maupun soft skill. Contoh dari hard skill adalah keahlian menjahit, memasak, merias, mengetik, mengemudi mobil, dan lain sebagainya. Adapun contoh dari soft skill adalah keahlian berbicara di depan publik, keahlian berkomunikasi yang efektif, dan lain sebagainya.

Apa pun materi yang disampaikannya, seorang trainer yang hebat harusnya bisa memotivasi peserta training untuk yakin dan semangat bisa memiliki keahlian yang disampaikan selama proses training. Dengan kata lain, seorang trainer yang hebat adalah juga seorang motivator, apa pun materi training yang disampaikannya.

Ketika kita membaca atau mendengar sebuah kisah hidup seseorang, tidak jarang kita terkagum-kagum dengan kisah hidup orang tersebut. Bahkan tidak sedikit yang menginspirasi kita untuk menjalani hidup dengan cara yang lebih baik.

Seorang inspirator adalah orang yang pengalaman hidupnya mampu menginspirasi orang lain untuk meniru atau paling tidak menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung di dalam kisah hidupnya.

Setiap orang bisa menjadi story-teller yang menceritakan kisah hidupnya atau menceritakan kisah hidup orang lain yang inspiratif dan mampu mempengaruhi jiwa orang yang mendengar cerita tersebut.

Apa pun posisi kita saat ini, apa pun profesi yang sedang kita jalani, setiap kita hendaknya menjadi seorang motivator dan inspirator. Kita hendaknya memotivasi dan menginspirasi sebanyak mungkin orang, mulai dari diri kita dan orang-orang terdekat di sekitar kita, supaya termotivasi dan terinspirasi untuk menjalani hidup ini dengan lebih baik lagi.

Apalagi kalau posisi kita sebagai seorang trainer, menjadi motivator dan inspirator adalah sebuah tuntutan, karena kita dituntut untuk membuat peserta training termotivasi dan terinspirasi menyerap keahlian yang kita berikan selama training berjalan.

Selamat memotivasi dan menginspirasi.

3 Responses so far.

  1. Trainer motivator bisa menjadi inspirasi agar seseorang mampu untuk menginspirasi dirinya sendiri

    PUBLIC SPEAKING SEMARANG

  2. Instruktur harus bisa memberikan sesuatu yang "berubah" dari pesertanya...

    Sukses

    Luki Transwish
    Instruktur sertifikasi bnsp

  3. berikan kontribusi terbesar dalam masyarakt .....


    Nasi Kotak Semarang