I Wanna Be A Trainer

Di Blogger profile yang saya tulis sekitar tahun 2008 ternyata ada tulisan "wanna be a motivator". Yang saya maksud dengan motivator di situ adalah trainer, trainer yang memotivasi trainee.

Tetapi saya tidak pernah peduli dengan profil tersebut, sampai akhirnya di salah satu grup FB ada yang meng-upload brosur Wanna Be Trainer, sebuah event Training For Trainer (TFT) yang diselenggarakan i2move network dengan Master Trainer Bpk Jamil Azzaini.

Mungkin karena saya kurang gaul, saya tidak tahu banyak tentang Pak Jamil Azzaini. Saya tahu beliau adalah Inspirator Sukses Mulia, dan saya juga follower akun @jamilazzaini di Twitter. Saya tidak ingat kapan dan kenapa saya mem-follow akun @jamilazzaini :)

Di Twitter saya melihat sosok Pak Jamil Azzaini termasuk yang bawel alias sering banget berkicau di twitter. Karena bawel, saya hampir meng-unfollow @jamilazzaini sampai akhirnya saya menemukan beberapa kicauan yang menarik buat saya, di antara sekian banyak kicauan di timeline-nya. Salah satu yang menarik adalah kicauan tentang judul tulisan di www.jamilazzaini.com yang ringan dan menghibur, tetapi cukup inspiratif.

Saya juga akhirnya meng-explore untuk mencari tahu apa yang dimaksud dengan Sukses Mulia yang melekat pada Pak Jamil Azzaini sebagai Inspirator Sukses Mulia. Oh, ternyata maksud dari Sukses Mulia itu adalah orang yang tidak hanya sukses meraih impiannya, tetapi juga membantu orang lain meraih sukses. Bukan sukses sendirian, tetapi sukses beramai-ramai.

Singkat cerita, saya tetapkan dalam hati, saya harus ikut acara Wanna Be Trainer, karena itu sejalan dengan cita-cita yang tertulis di blog profile saya. Tetapi di brosur tertulis acaranya tanggal 4-6 November 2011. Saya cek tanggal tersebut ternyata 6 November 2011 bertepatan dengan Idul Adha. Saya comment postingan di group FB tersebut tentang hal itu.

Saya tunggu-tunggu kabar terbaru tentang tanggal acara Wanna Be Trainer ke-6 tersebut, sebab saya tidak akan ikut kalau acaranya bertepatan dengan Idul Adha. Karena lama tidak ada kabar di group FB, saya baca lagi brosurnya apakah ada info website i2move (www.i2movenetwork.com) penyelenggara event tersebut. Dan ternyata di website i2move ada info perubahan jadwal acara Wanna Be Trainer ke-6 menjadi tanggal 25-27 November 2011 dan diselenggarakan di Gedung Alumni IPB, Bogor.

Setelah mengetahui perubahan tanggal tersebut, eh malah saya yang menjadi ragu untuk mengikuti acara itu. Is it worth it? Begitu kira-kira pertanyaan dalam hati saya, karena posisi saya sedang bekerja di Singapura, sehingga harus menghabiskan full weekend di Bogor untuk acara WBT (Wanna Be Trainer), mengambil cuti 1 hari (Jumat), dan membayar uang Rp 1,5 juta. Akhirnya setelah dimotivasi oleh istri saya, saya putuskan untuk ikut acara WBT (Wanna Be Trainer).

Kamis malam, pulang dari kantor saya ambil flight jam 8 malam dari Singapura menuju Jakarta. Disambung dengan bus DAMRI, saya tiba di Bogor menjelang pkl 00.00 Jumat, 25 November 2011.

Selama 30 jam (Jumat - Ahad, 08.00 - 18.00 WIB) saya mendapatkan materi yang sangat bergizi di acara WBT (Wanna Be Trainer) yang dimoderatori oleh Trainer paling berkilau, Pak Ian. Materi yang diajarkan oleh Master Trainer Pak Jamil Azzaini sangat bagus. Dibantu fasilitator yang meng-handle 8 orang per group, membuat tiap peserta WBT bisa langsung mempraktikkan teori yang diberikan.

Saya juga mendapatkan semangat yang luar biasa berada di tengah-tengah peserta Wanna Be Trainer (WBT) ke-6 ini. Selain para pegawai seperti saya, banyak sekali di antara mereka yang masih muda sudah full menjadi entrepreneur, dan beberapa di antaranya juga sudah menjadi seorang professional trainer.

Luar Biasa! Pertanyaan saya is it worth it terjawab sudah.
Saya sangat merekomendasikan untuk mengikuti WBT (Wanna Be Trainer) yang diselenggarakan i2move kepada siapa saja yang ingin menjadi professional trainer, dan siapa saja yang ingin men-deliver presentasi dengan penuh percaya diri, sistematis, dan berpengaruh kepada audience.

Selesai ikut WBT (Wanna Be Trainer) Jumat sampai Ahad, pada Senin (28/11/11) pukul 3 dini hari saya harus berangkat mengejar waktu shubuh di Bandara SHIA (Soekarno-Hatta International Airport) untuk kemudian terbang ke Singapura dengan first flight AirAsia pada pkl 05.40 WIB. Alhamdulillah pkl 08.00 SGT (Singapore Time) pesawat sudah landing di bandar udara Changi di Singapura.

Terima kasih kepada Pak Jamil Azzaini, Pak Ian sang moderator, semua fasilitator, teman-teman peserta WBT ke-6. Anda semua menginspirasi saya untuk segera mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang professional trainer.

Notes:
Acara WBT Ke-6 mendapat bonus materi Menjadi Makelar Ala Ali Akbar @pakarseo.
Materi yang inspiratif dan asik asik asik.

*gambar diambil dari www.jamilazzaini.com