Cara Mengemis Di Twitter

Di ranah twitter, ada 2 (dua) fitur yang bisa membuat bangga seorang pemilik akun twitter. Fitur tersebut adalah follower dan retweet.

Follower adalah adalah akun twitter yang mengikuti / mem-follow akun twitter lainnya. Ada beberapa alasan seorang pemilik akun menjadi follower. Bisa jadi karena si follower adalah teman pemilik akun yang di-follow-nya, atau si follower suka dan merasakan manfaat dari kicauan / tweet pemilik akun yang di-follow-nya, atau bisa jadi si follower menjadi fans atau mengagumi pemilik akun yang di-follow-nya.

Jumlah follower yang banyak bisa menjadi sebuah kebanggaan seorang pemilik akun twitter, karena dia bisa feels like a celebrity.

Retweet adalah aktifitas meneruskan sebuah tweet / kicauan di twitter. Seorang follower tidak akan sungkan me-retweet sebuah tweet / kicauan yang menurutnya baik, dan layak disebarkan kepada tweeps / pamar pemilik akun twitter lainnya.

Semakin banyak sebuah kicauan di-retweet tentu akan menjadi kebanggaan bagi si pemilik kicauan, apalagi kalau sampai menjadi top tweet.

Kalau saya perhatikan, ada beberapa tweep / pemilik akun twitter yang tidak sungkan-sungkan meminta atau mengemis di twitter. Bukan mengemis uang atau benda lainnya, tetapi mengemis supaya akun twitter-nya di-follow, atau mengemis agar kicauannya di-retweet.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana cara mengemis di twitter untuk meminta di-follow dan di-retweet.

Cara Mengemis Untuk Di-follow

Salah satu contoh cara mengemis untuk di-follow adalah dengan cara mem-follow akun seseorang, kemudian membuat kicauan dengan mention akun yang di-follow dan meminta di-follback (di-follow balik). Contohnya:
"Halo @temanbaru izin follback ya"
Dari segi kalimat terlihat rancu, karena meminta izin seseorang supaya orang tersebut melakukan sesuatu. Padahal izin itu digunakan pada saat yang meminta izinlah yang akan melakukan sesuatu.

Ada cara yang lebih elegan untuk meminta di-follow, yaitu:
"Hai @oranghebat aku mau DM, tapi belum di-follow"
DM atau Direct Message adalah aktifitas berkirim pesan di antara 2 orang pemilik akun twitter yang dilakukan di ruang privat, bukan ruang publik, sehingga pesan tersebut tidak terbaca oleh follower lainnya.

Elegan kan? Minta di-follow, dengan alasan mau DM :)

Cara Mengemis Untuk Di-retweet

Selain mengemis untuk di-follow, ada juga cara mengemis untuk di-retweet. Contohnya:
"Mengemis Itu Tidak Baik. Tolong di-RT untuk kebaikan teman2 yang lain."
Hihi, dia bilang mengemis itu tidak baik, padahal dia sendiri mengemis. Contoh lainnya:
"Malam nanti pukul 00.30 saya mau share Tips Sehat: Tidur Lebih Awal, Bangun Lebih Awal. Tolong di-RT"
Ini aneh, mau bagi2 tips tidur lebih awal, tapi malah minta orang untuk menemaninya begadang.

Adalagi contoh yang lebih dahsyat:
"Nanti pukul 09.09 saya mau kultwit 9 cara meningkatkan retweet. Tolong di-RT @follower1" 
"Nanti pukul 09.09 saya mau kultwit 9 cara meningkatkan retweet. Tolong di-RT @follower2"
Begitu seterusnya, sampai 20-an tweet / kicauan mengemis minta di-RT kepada seorang tweep / pemilik akun twitter dengan me-mention-nya , padahal kultwit (kuliah twiter) yang mau dilakukan hanya berisi 9 kicauan, jauh lebih sedikit dari jumlah kicauan meminta di-retweet.

Yah, itulah beberapa contoh cara mengemis di twitter. Anda tertarik untuk mencoba? Resiko ditanggung sendiri ya :)