Memahami Sky Technology

Dalam agama Islam, diajarkan pemahaman bahwa apa pun yang kita lakukan di dunia ini, akan dicatat oleh malaikat. Kemudian, buku catatan itu akan diperlihatkan kepada kita pada hari akhirat, untuk kemudian kita mendapatkan balasan atas kebaikan maupun keburukan yang kita lakukan.

Dulu, mungkin kita merasa sulit untuk memahami bagaimana caranya malaikat mencatat semua yang kita lakukan. Bagi orang yang ragu untuk beriman, mungkin berfikir hal itu tak mungkin terjadi. Tetapi bagi orang beriman, ada keyakinan bahwa apa pun bisa terjadi, jika Allah Menghendaki.

Sekarang, kita hidup di zaman teknologi informasi sudah berkembang begitu pesat. Di antara teknologi yang akan segera berkembang cepat adalah teknologi komputasi awan, yang dalam bahasa Inggris disebut cloud computing technology, atau kita singkat saja cloud technology. Istilah cloud technology berasal dari gambar awan (cloud) yang biasa digunakan dalam sebuah grafik jaringan komputer. Di dalam sebuah gambar jaringan komputer, cloud digunakan salah satunya untuk menggambarkan hubungan antar komputer melalui internet.

Dengan cloud technology, kita begitu mudah membuat video kemudian menyimpannya di server internet, misalnya di YouTube atau Vimeo. Kita juga begitu mudahnya mengambil foto apa saja yang ada di sekitar kita kemudian fotonya kita simpan di internet, misalnya di Flickr atau Instagram. Kita juga begitu mudah menulis apa saja yang ada di pikiran kita kemudian menyimpannya di internet, misalnya di Facebook, Twitter, atau blog. Ke depan, akan semakin banyak data yang kita simpan di internet.

Kita bisa melihat dan merasakan, begitu mudahnya kita merekam apa pun yang ada di sekitar kita, dan kemudian kita simpan di tempat yang tidak kita ketahui secara pasti. Kita tidak tahu apakah data kita itu disimpan di Amerika, Singapura, Kutub Utara, entah di mana. Tetapi yang jelas kita begitu mudahnya melihat dan membuka kembali tulisan, foto, video, atau apa pun yang kita buat hari kemarin, bulan lalu, tahun lalu, puluhan tahun yang lalu, dan seterusnya. Kita juga bisa melihat data yang dibuat oleh teman kita yang sudah meninggal dunia. Setelah kita meninggal dunia pun, kelak, orang lain akan mudah melihat data yang kita buat pada saat kita masih hidup di dunia.

Kita juga sangat mungkin berada pada suatu tempat di mana gerakan kita terekam CCTV, kemudian videonya di simpan entah di mana. Sangat mungkin juga ada orang yang mengambil foto atau video kita tanpa kita sadari, dan dia menyimpannya entah di mana.

Kita bisa melihat dengan mata kepala kita sendiri, bahwa dengan Cloud Technology dan teknologi informasi lainnya, begitu mudahnya untuk merekam dan menyimpan apa pun yang kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan memahami ini, kita tentu semakin mudah memahami dan mengimani bahwa adalah sangat mudah bagi Allah dan para malaikatnya untuk merekam dan menyimpan rekaman atas apa pun yang kita lakukan. Kita tentu saja tidak tahu teknologi apa yang digunakan, karena itu di luar jangkauan. Untuk mudahnya kita sebut saja Teknologi Langit, atau dalam bahasa Inggris disebut Sky Technology. Karena langit itu lebih tinggi, lebih luas, lebih stabil daripada awan, maka tentu saja Sky Technology lebih reliable (dapat diandalkan) daripada Cloud Technology.