Arisan Kurban

Di kampung halaman saya di Bogor, ada arisan yang bernama arisan kurban. Seperti arisan pada umumnya, kegiatan arisan ini diikuti oleh beberapa anggota, dan setiap anggota menyetorkan sejumlah uang tertentu kepada panitia arisan. Bedanya, uang yang didapatkan dari arisan ini digunakan untuk membeli hewan kurban.

Paling tidak ada 2 (dua) hal yang menjadi latar belakang diadakannya arisan kurban:

1) Meramaikan kurban di kampung halaman

Di kampung-kampung, banyak masjid yang hanya sedikit hewan kurbannya. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan.



Kemungkinan pertama, warga kampung secara ekonomi banyak yang tidak mampu untuk berkurban.
Kemungkinan kedua, bisa jadi secara ekonomi mampu, tetapi masih sedikit warga yang memiliki semangat untuk berkurban.
Kemungkinan berikutnya adalah banyak warga yang berkurban tetapi kurbannya dilaksanakan di daerah lain yang lebih membutuhkan.

Kemungkinan-kemungkinan tersebut dapat berkontribusi dalam menyebabkan sedikitnya atau sepinya kegiatan kurban dikampung halaman.

2) Memampukan diri untuk berkurban

Di atas sudah disebutkan bahwa ada kemungkinan secara ekonomi banyak yang tidak mampu berkurban.

Sebenarnya, jika seseorang merasa berat untuk berkurban, bisa disiasati dengan menyisihkan sejumlah uang secara rutin sehingga pada suatu saat akan terkumpul sejumlah uang yang cukup untuk membeli hewan kurban.

Bagi kebanyakan orang, menyisihkan uang untuk keperluan tertentu adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Arisan kurban "memaksa" setiap anggotanya untuk menyisihkan sejumlah uang tertentu secara rutin, dan pada akhirnya mampu untuk berkurban.

Teknis dari arisan kurban adalah sebagai berikut. Misalnya peserta arisan terdiri dari 20 anggota, dan setiap tahun ada 5 anggota yang berkurban. Maka lamanya arisan adalah selama 4 tahun (5 orang pertahun, 20 orang per 4 tahun).

Dengan contoh arisan kurban seperti itu, maka paling tidak ada 5 hewan kurban yang disembelih setiap tahunnya. Ini bisa "menjamin" ramainya kurban di sebuah kampung.

Ada pun setiap anggota arisan menjadi mampu berkurban karena bisa mencicil satu ekor hewan kurban selama 4 tahun.

Demikianlah sekilas informasi tentang arisan kurban. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat diaplikasikan untuk meramaikan kurban.