Telpon ke Arab Saudi

Informasi singkat padat tentang cara telpon ke Arab Saudi (Mekah & Madinah) dapat ditemukan di tulisan saya yang lain berjudul Kode Negara Arab Saudi.
Sedangkan di tulisan ini saya akan berbagi pengalaman saya menelpon orang tua di Arab Saudi.
***

Sebelum kedua orang tua saya berangkat ke tanah suci tanggal 25 November 2008, saya berpesan agar ketika tiba di Mekah membeli kartu perdana gsm pra bayar supaya biaya komunikasi lebih murah.

Beberapa hari setelah berada di Mekah, orang tua saya menelepon dan mengirim SMS dengan nomor GSM baru dengan nomor +966 (Kode Negara Arab Saudi). Saya coba kirim SMS dengan kartu Mentari ternyata harga per SMS Rp 500.

Kemudian dari nomor Mentari saya coba telepon nomor HP ibu saya +966 dst, eh ternyata tersambung, tetapi tidak ada suara terdengar. Yang ada pulsa tersedot lumayan (kalau tidak salah sektiar Rp 2000,- selama beberapa detik).

Kemudian saya ingat pernah baca iklan salah satu operator GSM di pinggir jalan dengan tulisan "Nelpon ke Bangkok lebih murah daripada nelpon ke Bangka". Saya cari-cari di internet ternyata dengan menggunakan kartu prabayar Three, bisa telpon ke luar negeri dengan harga sekitar Rp 150,- / 6 detik (belum termasuk PPN).

Kemudian saya cari-cari lagi akhirnya dapat informasi bahwa dari telpon rumah atau dengan menggunakan kartu Flexi, bisa telpon ke luar negeri dengan tarif kalau tidak salah Rp 147 / 6 detik dengan melakukan panggilan ke 017 + kode negara + kode area + telp.

Sampai pada akhirnya adik saya Firman yang berada di Lampung mengabari bahwa menggunakan Mentari juga murah, Rp 190,- / 6 detik.
Saya langsung meluncur ke web site Mentari Indosat. Di situ saya mendapatkan informasi bahwa kita dapat melakukan panggilan ke luar negeri dengan menghubungi no 01016 + kode negara + kode area + telp, dengan tarif Rp 190,- / 6 detik (sudah termasuk PPN).

Karena saya sudah 6 tahun menggunakan kartu Mentari Indosat dan malas kalau harus beli dan registrasi kartu prabayar baru, akhirnya saya menggunakan kartu Mentari untuk menelpon ibu atau bapak yang sedang melakukan ibadah haji. Dengan tarif Rp 1.900,- / menit, bisa sering2 menghubungi ibu atau bapak. Bahkan pernah ketika ua (kakak ibu atau bapak) ke rumah menanyakan kabar ibu dan bapak, saya telpon aja ibu saya dan suruh ua langsung berbicara dengan ibu.

Alhamdulillah. Dengan perkembangan teknologi telekomunikasi seperti sekarang, komunikasi menjadi lebih mudah dengan harga yang terjangkau. Bogor - Mekah menjadi terasa dekat.

2 Responses so far.

  1. Anonim says:

    Wah kalo ke arab saya nelpon pake tri bos. Caranya seperti yang saya tulis di sini Luar Negri. Tapi kayaknya kalo pake tri 1500/menit deh. jadi masih murahan flexy ya kalo ke arab.

    Tapi buat ke HK murah bos. Lumayan buat nelp temen tkw tkw saya yang ada di luar, terutama yang di hk (nelp ke hk cuma 300/menit)

    hehehehe

  2. Unknown says:

    Sy pk kode diatas,..ko belon bisa nyambung telpon ke arab,..