Smartphone dengan keyboard 3 tombol

Anda yang punya smartphone (ponsel cerdas) hampir bisa dipastikan ponsel Anda memiliki keyboard Qwerty, yaitu papan ketik di mana setiap huruf memiliki satu tombol sendiri. Bagi orang dengan jempol cukup besar mungkin sedikit kerepotan ketika mengetik di keyboard Qwerty karena tombolnya banyak dan kecil-kecil.

Sekarang Anda bayangkan jika tombol pada keyboard smartphone cukup dibuat 3 saja yang terdiri dari tombol dot (titik), dash (strip) dan space (spasi). Karena hanya tiga tombol maka ukuran tombolnya bisa dibuat besar-besar. Dan dengan ukuran tombol yang besar, maka orang dengan jempol besar pun akan lebih nyaman ketika mengetik.

Lantas, bagaimana cara mengetik huruf-huruf jika papan ketiknya hanya memiliki tombol titik (.), strip (-) dan spasi?

Jika Anda pernah ikut kegiatan pramuka di sekolah, kemungkinan besar Anda pernah belajar sandi morse. Ya, dengan sandi morse, kita bisa menulis huruf-huruf, kata-kata, dan kalimat hanya dengan menggunakan tanda titik dan strip.

Anda mungkin berfikir susah dong kalau harus menghafal sandi morse. Ya, bagi sebagian orang mungkin susah, tetapi bagi saya menghafal sandi morse itu sangat mudah. Cara mudah menghafal sandi morse adalah dengan teknik mnemonic.

Dengan teknik mnemonic kita bisa menghafalkan kombinasi titik dan garis pada sandi morse sebagai kata-kata yang mudah diingat. Tentu saja kita perlu membuat aturan main atau rumus untuk menerjemahkan kata yang kita ingat menjadi kode sandi morse.

Mari kita lihat telebih dahulu huruf-huruf yang dituliskan ke dalam sandi morse:

A .-
B -...
C -.-.
D -..
E .
F ..-.
G --.
H ....
I ..
J .---
K -.-
L .-..
M --
N -.
O ---
P .--.
Q --.-
R .-.
S ...
T -
U ..-
V ...-
W .--
X -..-
Y -.--
Z --..

Sekarang kita transformasikan setiap satu tanda titik (.) menjadi satu suku kata dengan bunyi vokal selain o (a-i-u-e). Sedangkan setiap tanda strip (-) menjadi satu suku kata dengan bunyi vokal o. Misalnya huruf A (.-) menjadi Ano (bunyi vokal a-o), huruf B (-...) menjadi Bonaparte (bunyi vokal o-a-a-e), huruf C (-.-.) menjadi Coba coba (bunyi vokal o-a-o-a). Mudah sekali, bukan?

Berikut adalah daftar kata untuk seluruh huruf A sampai dengan Z.

A Ano
B Bonaparte
C Coba coba
D Dominan
E Egg
F Father Johan
G Golongan
H Himalaya
I Islam
J Jagoloyo
K Komando
L Lemonade
M Motor
N Notes
O Omono
P Pertolongan
Q Qoyomino
R Rasohe
S Sahara
T Tong
U Uniform
V Versikabo
W Wahono
X Xosendero
Y Yosimono
Z Zoroaster

Anda tinggal menghafalkan kata-kata tersebut, maka Insya Allah Anda akan hafal sandi morse untuk tiap huruf A sampai Z.

Catatan:

1) Saya sudah membuktikan dengan cara ini saya masih hafal sandi morse sejak saya ikut pramuka waktu SMP

2) Tulisan ini saya buat karena terinspirasi oleh Gmail Tap (April Fool 2012) dan ingin berbagi kiat menghafal sandi morse dengan teknik mnenomic.